Jumat, 11 Juni 2010

Rekomendasi Untuk PT. UNILEVER

1.Persaingan
•PT. Unilever harus meningkatkan penjualan dengan mencari daya tarik agar konsumen selalu tertarik pada perusahaan unilever ketimbang perusahaan lainnya. Sehingga penghasilan atau laba perusahan terus meningkat.
•PT. Unilever harus terus meningkatkan kinerja manajemen. Hal ini dilakukan untuk menjaga pertumbuhan laba secara continue.
•PT. Unilever harus lebih mengembangkan ide-ide dalam segala aspek untuk tetap menjaga persaingan usaha dan menjadikan PT. Unilver perusahaan bertarafkan internasional.
•PT. Unilever harus terus menciptakan karyawan yang berkualitas.
•PT Unilever hatus terus melakukan Strategi promosi produk yang efektif.

2.Kelemahan
•Perusahaan unilever mempunyai 2 kepemimpinan, hal ini sangat tidak baik karena bisa saja suatu saat 2 pemimpin ini mempunyai pendapat yang berbeda dan bisa membuat perusahaan terpecah belah. Untuk itu, perusahaan unilever harus punya 1 pemimpin saja yang berkualitas dan bermoral.
•PT Unilever memiliki struktur matriks, yang terdapat beberapa tantangan yang mesti dihadapi perusahaan yaitu pertama, sulitnya koordinasi kegiatan antar departemen yang mempunyai agenda dan jadwal sendiri-sendiri. Kedua, komunikasi pada karyawan yang bisa menerima pesan yang berbeda-beda. Dan ketiga, resolusi konflik antara inisiatif dari dukungan departemen (SDM, keuangan, dan lain-lain) dengan departemen lini produk yang biasanya sangat berorientasi komersial
•Rendahnya respon pasar terhadap produk-produk tertentu
•Jumlah karyawan yang tambun
•Birokrasi yang panjang karena kebijakan sentralisasi yang menyebabkan unilever indonesia tidak bisa begitu saja memutuskan sesuatu.
•Lambatnya konsolidasi intern dalam pengambilan keputusan.
•Ketidakjelasan sertifikat halal untuk produk tertentu.
•Mayoritas produk unilever memiliki entry barrier rendah
•Growth omzet penjualan dibawah rata-rata industri.
•Ketidakmampuan perusahaan unilever memaksimalkan kemahiran, hal ini membuat perusahaan unilever jadi sulit untuk berkembang. Untuk itu, perusahaan unilever harus pintar merekrut tenaga-tenaga profesional yang cepat belajar menghadapi perubahan agar perusahaan unilever cepat bertumbuh.

3.Ancaman
•Adanya kenaikan biaya bahan baku dan bahan kemasan seperti minyak kelapa sawit, gula kelapa, dan bahan berbahan dasar petroleum yang disebabkan oleh kenaikan harga minyak, bahan kimia dan komoditas lainnya.
•Tidak stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.
•Melemahnya daya beli konsumen.
•Maraknya pemalsuan dan penyelundupan produk dari cina.
•Rendahnya infrastruktur yang memadai berupa jalan yang menyebabkan tingginya biaya pemasaran produk.
•Adanya penghapusan subsidi BBM bagi industri.
•Tidak konsistennya pasokan gas dari pertamina.
•Adanya tren perubahan gaya hidup masyarakat dari produk tradisional-nasional menjadi produk-produk luar negeri.
•Adanya campaign against unilever oleh greenpeace akibat penggundulan hutan yang membahayakan komunitas orang utan.
•Adanya pemboikotan produk zionisme termasuk unilever.
•Produk pesaing dengan harga lebih rendah.
•Pesaing perusahaan unilever yang cukup kuat. Untuk itu, perusahaan unilever harus mencari cara untuk mengalahkan pesaingnya, dengan cara mencari data pesaingnya dan menganalisisnya.
•Bertambahnya penjualan barang di area perusahaan unilever, hal ini membuat pesaing bertambah banyak. Untuk itu, perusahaan unilever harus mencari data-data pesaing dan menganalisisnya, jika tidak mampu mengalahkan pesaingnya, maka perusahaan unilever harus pindah ke tempat lain dimana perusahaan unilever bisa mengalahkan para pesaingnya.
•Kriminalitas tingkat tinggi di perusahaan unilever, hal ini akan membuat perusahaan rugi atau malah bisa bangkrut. Untuk itu, perusahaan unilever harus menyiapkan keamanan tingkat tinggi selama 24 jam non stop.

4.Peluang

•Tingginya tingkat ketergantungan masyarakat akan jenis produk consumer goods
•PT.Unilver sudah membuat market pasar yang kuat untuk branch produk-produknya
•Strategi Marketing Unilever yang cukup baik dapat meningkatkan tingkat penjualan.

1 komentar:

  1. ""Adanya pemboikotan produk zionisme termasuk unilever.""

    adakah link pemboikotan ttg unilever? saya cari kok g nemu ya???

    BalasHapus